Press "Enter" to skip to content

MANFAATKAN KOLAM KOSONG MENJADI BUDIDAYA LELE

Ada ternak itik, ikan dan berkebun jabung serta buncis. Kali ini Personil polres tanah datar beternak Lele saat kesibukannya sebagai anggota polri. Dia merupakan Bripka Amrizal anggota polsek salimpaung. Awal mulanya beliau melihat adanya kolam di nagari kapuah tidak termanfaatkan oleh masyarakat sekitar. Dengan mengontrak tanah tersebut, Bripka Amrizal menyulap 12 kolam kosong tersebut menjadi budidaya ikan lele.
Usaha yang telah dibangun sejak tahun 2016 sudah membantu masyarakat baik dibidang pekerjaan dan dibidang ekonomi. Pakan yang diberi 50 persen dibeli dan 50 persen lagi dicari dipasar, jadi modal tidak terlalu besar, tetapi rencananya Bripka amrizal akan membuat pelet sendiri dengan mesin yang sudah ada.

12 Kolam lengkap terisi mulai dari bibit lele yang masih kecil hingga lele dewasa yang beratnya mencapai 6 kg. Jadi untuk pembibitan, Bripka Amrizal tidak lagi membeli bibit lele dari luar, tetapi membudiayakan sendiri guna mengurangi modal. Sedangkan untuk hasil panen, Bripka amrizal dapat mendapatkan keuntungan mencapai 50 sampai 100 persen. Jadi dengan usaha ini dapat membantu usaha di jorong kapuah nagari pagaruyung.

Saat ditanya, usaha yang telah dijalankan oleh bripka amrizal ini tidak menganggu aktifitas beliau menjadi seorang anggota polisi. Beliau bahkan tidak mempunyai pelanggaran saat berdinas menjadi anggota polri. Beliau mengatakan kuncinya hanya pandai mengatur waktu serta bermasyarakat dengan warga sekitar. Mengemban fungsi binmas sangat membantu Bripka Amrizal untuk mencari warganya untuk bisa mempekerjakannya di usaha kolamnya. Apalagi dengan pandemi covid-19 yang dituntut untuk menguatkan pangan di nagari sekitar.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mission News Theme by Compete Themes.