Press "Enter" to skip to content

Polri siap bantu BPBD dalam menghadapi Bencana Alam dan Non-Alam

Dalam rangka kesiapan menghadapi bencana, Pemerintah Kabupaten Tanah Datar bersama unsur lainnya menyiapkan puluhan personil gabungan untuk penanganan saat bencana terjadi.
Kesiapan personil yang terdiri dari BPBD, TNI, Polri, Dishub, Satpol PP, Tagana, Tim SAR dan Relawan itu digelar dalam upacara apel siaga bencana, Selasa (10/11) di halaman Gedung Promosi Batusangkar.
Apel gabungan dipimpin lansung oleh Pjs Bupati Erman Rahman yang juga Kepala BPBD Provinsi Sumatera Barat. Turut hadir unsur Forkompinda, Asisten Pemerintahan dan Kesra Suhermen, Kalaksa BPBD Thamrin dan Kepala Perangkat Daerah terkait.
“Saat bencana terjadi akan selalu berdampak pada harta benda. Namun, kita berharap agar korban nyawa dapat dihindari. Oleh karena itu, penyiapan siaga bencana ini bertujuan juga untuk mengingatkan masyarakat agar lebih waspada, ” kata Erman.
Erman juga sampaikan Tanah Datar yang kaya akan sumber daya alam, namun memiliki ancaman bencana yang sewaktu-waktu bisa saja terjadi seperti longsor, banjir bandang, gempa dan lain sebagainya.
“Untuk itu dalam menghadapi bencana perlu dilakukan latihan penanggulangan bencana secara berkala dan teratur. Apalagi jika terjadi bencana alam pada masa pandemi ini, tentu akan semakin memberatkan masyarakat,” kata Erman.
Erman Rahman juga menghimbau apabila bencana datang lakukan evakuasi mandiri mulai dari diri sendiri, keluarga, lingkungan dan masyarakat.
Hal senada juga disampaikan Kapolres Tanah Datar AKBP Rokhmad Hari Purnomo, apel gabungan ini dilaksanakan sebagai bentuk melihat kesiapan personil dalam menghadapi bencana alam.
“Kesiapsiagaan bencana penting dilakukan saat ini, terlebih Tanah Datar tercatat sebagai daerah rawan bencana alam, selain itu cuaca buruk yang kerap melanda di akhir tahun, turut menjadi ancaman masyarakat saat ini. Oleh karena itu maribersama-sama kita saling mengingatkan agar kemungkinan terburuk dapat diminimalisir,” sampai kapolres

Pada kesempatan tersebut Pjs. Bupati bersama Kapolres dan forkopimda selain memastikan kesiapan personil juga melihat kesiapan kendaraan yang digunakan. (heri-nd)(humaspemda)

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mission News Theme by Compete Themes.