Press "Enter" to skip to content

Cegah klaster covid-19 Natal dan Tahun Baru, Polri mulai operasi Lilin

Kapolres Tanah Datar, AKBP Rokhmad Hari Purnomo. SIK.M.Si, memimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin 2020 wilayah hukum tanah datar di Lapangan Cindua Mato, Senin (21/12/2020). Dalam Apel tersebut, Kapolres Tanah Datar didampingi Pj Bupati Tanah Datar Bapak Zuldafri Darma dan Dandim 0307 Tanah Datar Letkol Inf Wisyudha Utama.

Kapolres Tanah Datar mengatakan, Apel Gelar Pasukan diselenggarakan secara serentak di seluruh jajaran Polri, mulai dari tingkat Mabes Polri hingga kesatuan kewilayahan. Tujuannya, sebagai bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi Lilin 2020 dalam rangka pengamanan perayaan Natal Tahun 2020 dan Tahun Baru 2021 (Nataru).

“Pengecekan ini baik pada aspek personel maupun sarana prasarana, serta keterlibatan unsur terkait seperti TNI, Pemda, dan Mitra Kamtibmas lainnya. Ini pengecekan akhir gelar pasukan sebelum pengamanan,” ucap Kapolres.

Pada amanat Kapolri yang dibacakan, perayaan Nataru oleh masyarakat secara universal dirayakan melalui kegiatan ibadah dan perayaan pergantian tahun di tempat-tempat wisata. Hal ini dapat menimbulkan pusat keramaian yang berpotensi menimbulkan gangguan kamtibmas, gangguan kamseltibcar lantas, dan pelanggaran protokol kesehatan Covid-19.

“Pengamanan ini tidak boleh dianggap sebagai agenda rutin tahunan biasa. Sehingga menjadikan kita cenderung under estimate dan kurang waspada terhadap setiap dinamika perkembangan masyarakat. Apalagi di masa pandemi Covid-19 saat ini, kita harus lebih peduli,” jelasnya.

Oleh karena itu, Polri menyelenggarakan Operasi Lilin-2020 yang akan dilaksanakan selama 15 hari. Dimulai dari tanggal 21 Desember 2020 sampai dengan tanggal 4 Januari 2021 dengan mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif secara humanis, serta penegakan hukum secara tegas dan profesional.

“Tentunya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19, sehingga masyarakat dapat merayakan Nataru dengan rasa aman dan nyaman. Jangan sampai kegiatan perayaan Nataru menimbulkan klaster-klaster baru penyebaran Covid-19,” harapnya.

“Kita semua baik jajaran Forkopimda Tanah Datar serta masyarakat di Tanah Datar harus bisa mentaati prtokol kesehatan. Mengingat saat libur nataru pada tahun ini masih di massa Pandemi Covid-19. Agar kesehatan bisa dijaga dengan baik,” imbau Kapolres

Dalam pelaksanaan pengamanan Nataru, Polres Tanah Datar mengerahkan personel sejumlah 107 petugas yang tergabung dari TNI, Polri, Satpol PP, Petugas Kesehatan dan ormas di Tanah datar.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mission News Theme by Compete Themes.