Press "Enter" to skip to content

Kapolres Pimpin Apel Penyebaran Pasukan Personil Dalam Rangka Pengamanan TPS Terkait Pemilu 2024

Kepolisian Resor Tanah Datar, menerjunkan sebanyak 301 personel guna mengamankan sebanyak 939 lokasi Tempat Pemungutan Suara (TPS) Pemilu 2024 di daerah itu.

 

“Kami menerjunkan sebanyak 301 personel dalam rangka mengamankan lokasi TPS Pemilu 2024,” kata Kapolres Tanah Datar AKBP Dery Indra, S.I.K melalui Kasi Humas AKP Gusrizal menjawab di Batusangkar, Senin (12/02/2024).

 

Polres Tanah Datar sambung Gusrizal juga mendapatkan BKO personel dari Polda Sumatera Barat sebanyak 60 personel dan 241 personel dari Polres Tanah Datar.

 

Disampaikannya, sistem pengamanan TPS Pemilu 2024 telah dibagi ke dalam beberapa klasifikasi berdasarkan tingkat kerawanan masing-masing TPS mulai dari kategori tergolong kurang rawan, rawan, dan sangat rawan. Untuk wilayah hukum Polres Tanah Datar terdapat 935 TPS kurang rawan dan 4 TPS dianggap rawan ditinjau dari segi jarak tempuh yang jauh dan sulitnya jaringan komunikasi.

 

Gusrizal menambahkan, apabila TPS dengan kategori kurang rawan maka satu personel ditugaskan untuk mengamankan sebanyak tiga lokasi TPS.

 

Sedangkan untuk TPS dalam kategori rawan, maka satu personel Polres Tanah Datar ditugaskan mengamankan dua lokasi TPS.

 

“Sedangkan untuk TPS kategori rawan satu personel mengamankan satu lokasi TPS,” ujarnya.

 

Menurutnya, personel yang digeser tersebut akan bertugas mengamankan TPS mulai hari pemungutan suara Pemilu 2024 sampai bergesernya surat suara dan kotak suara Pemilu 2024 ke kantor kecamatan setempat.

 

“Jadi untuk anggota pengaman TPS Pemilu 2024 pada H+1 pemungutan suara sudah bergeser akan diganti dengan petugas pengamanan penghitungan suara di kantor kecamatan,” katanya.

 

Ia berharap, pelaksanaan Pemilu 2024 di daerah itu dapat berjalan dengan lancar, aman, dan kondusif.

 

“Saya berpesan kepada seluruh anggota agar dapat menjalankan tugas dengan baik jaga kondisi dan situasi yang kondusif kenali mitra kerja di sana (TPS) baik seperti anggota Linmas dan KPPS,” ujarnya. (***)

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mission News Theme by Compete Themes.