Press "Enter" to skip to content

Personel Polda Sumbar Gelar Latihan Bela Diri Polri, Kabid humas : Meningkatkan Kesiapan dan Keterampilan

TBNews Sumbar – Di tengah tuntutan yang semakin kompleks terhadap keamanan dan penegakan hukum, Polri terus memperkuat dirinya dengan berbagai upaya, salah satunya melalui latihan bela diri. Seperti halnya yang dilaksanakan oleh personel Polda Sumbar di halaman depan Mapolda Sumbar, Kamis (22/2) pagi.

Kabid humas Polda Sumbar Kombes Pol Dwi Sulistyawan mengatakan Setiap anggota Polri, baik dari unsur kepolisian maupun Brimob, secara rutin menjalani latihan bela diri guna meningkatkan kesiapan dan keterampilan dalam menghadapi situasi yang mungkin memerlukan tindakan fisik dengan latihan mencakup berbagai teknik bela diri.

“Setiap anggota Polri secara rutin menjalani latihan bela diri guna meningkatkan kesiapan dan keterampilan dalam menghadapi situasi yang mungkin memerlukan tindakan fisik,” katanya.

Kabid humas menyebut, Dalam latihan bela diri, anggota Polri dilatih untuk menguasai teknik-teknik dasar dan lanjutan, termasuk teknik pencegahan, pengendalian, dan penanggulangan situasi yang berpotensi mengancam keamanan.

Selain itu, latihan ini juga memberikan penekanan pada aspek kecepatan, ketepatan, dan konsistensi dalam bertindak, sehingga anggota Polri dapat merespons secara efektif dalam situasi yang mendesak.

“Latihan bela diri Polri tidak hanya melibatkan aspek fisik semata, tetapi juga aspek mental dan psikologis,” ujarnya.

Para peserta dilatih untuk mengendalikan emosi, meningkatkan konsentrasi, dan membuat keputusan yang tepat dalam situasi yang mungkin mengancam nyawa.

“Hal ini penting untuk memastikan bahwa setiap tindakan yang diambil oleh anggota Polri selalu sesuai dengan hukum dan aturan yang berlaku,” terangnya.

Selain itu, latihan bela diri Polri juga diarahkan untuk membangun rasa solidaritas dan kebersamaan antara anggota. Dalam sesi latihan, mereka diajarkan untuk saling mendukung dan melindungi satu sama lain, sehingga terbentuklah tim yang kuat dan kompak dalam menghadapi berbagai tantangan.

Hasil dari latihan bela diri Polri tidak hanya terlihat dalam kesiapan fisik dan keterampilan teknis anggota, tetapi juga dalam peningkatan citra institusi.

Dengan memiliki anggota yang terlatih dengan baik dalam bela diri, Polri semakin dihormati dan dipercaya oleh masyarakat dalam menjalankan tugas-tugasnya untuk menjaga keamanan dan ketertiban.

“Sebagai institusi penegak hukum, Polri terus berkomitmen untuk meningkatkan kualitas dan profesionalisme anggotanya melalui berbagai program pelatihan, termasuk latihan bela diri, guna menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat secara optimal,” tandasnya.(*)

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mission News Theme by Compete Themes.